Pengenalan Cacao (Theobroma cacao)

Post On: 18 Mei 2014
Mei 7, 2015

Pengenalan Cacao (Theobroma cacao) – Cacao ini merupakan cikal bakal kudapan yang digemari seluruh masyarakat dunia: coklat. Tanaman cacao ini berasal dari Amerika Selatan. Kakao sebagai salah satu komoditi pertanian digolongkan sebagai tanaman tahunan atau perennial. cacao masuk ke dalam kelas Magnoliopsidadan merupakan bagian dari kerabat Malvacea. Di alam liar kita bisa menemukan tanaman kakao yang ketinggiannya mencapai 10 meter. Namun dalam lingkup budidaya, ketinggian tersebut maksimal hanya 5 meter saja. Tanaman kakao yang terlalu tinggi cenderung kurang produktif, karena itu harus ada perawatan pemangkasan.

Kakao merupakan tumbuhan sempurna dimana batangnya berupa pohon dengan cambium. juga merupakan tanaman dengan bunga. Seperti golongan Sterculiaceaelainnya, bunga kakao juga langsung tumbuh di batangnya atau dikenal dengan istilahcauliflorous. Bunga tanaman kakao ini tergolong sempurna berukuran kecil dengan ukuran garis tengah maksimal 3 cm. Bunga ini tampak terangkai tapi sejatinya ia merupakan bunga tunggal. Cikal buah kakao berasal dari bunga tersebut. Proses penyerbukannya dilakukan oleh serangga utamanya dari jenis midge forcipomyia atau lalat kecil, afid, semut bersayap dan beberapa jenis lebah. Penyerbukan ini sendiri umumnya berlangsung di malam hari.

Pengenalan Cacao (Theobroma cacao)

Tanaman kakao secara umum merupakan tumbuhan yang mengalami proses penyerbukan silang dan dikenal mempunyai sistem inkompatibilitas tersendiri. Meski demikian, beberapa varietas tanaman kakao ini juga mampu melakukan proses penyerbukan tanpa bantuan dan tetap mampu menghasilkan komoditi bernilai ekonomi tinggi.

Buah kakao tumbuh dari bunga yang telah diserbuki. Ukuran buah jauh lebih besar dari ukuran bunganya. Buah kakao ini memiliki bentuk lonjong. Buah kakao ini memiliki varian warna antara lain hijau, cokelat cenderung ke merah hati, oranye, kuning cerah dan masih banyak lagi lainnya. Saat buah matang, jika dirasa, maka bijinya memberi sensasi manis alami. Di daerah saya KEDIRI harga biji yang sudah kering Perkilonya mencapai Rp. 25.000,- , tentunya saya juga me nampung penjualan kako di daerah kediri.

Tag:

Related to Pengenalan Cacao (Theobroma cacao)