Asyiknya Arung Jeram di Sungai Progo Magelang

Post On: 22 Agustus 2016
Agustus 22, 2016

Arung Jeram di Sungai Progo Magelang – Kota Magelang mempunyai pesona yang selalu menakjubkan. Tidak hanya mengenai obyek wisata sejarahnya, seperti Candi Borobudur, Pawon dan Candi Mendutsaja, Magelang menawarkan keasyikan arum jeram yang harus kamucoba. Apalagi kalau kamu suka dengan hobi ekstrem dan pengalaman yang menantang, Magelang bisa menjadi tujuan utama dalam list traveling kamu kali ini.

Asyiknya Arung Jeram di Sungai Progo Magelang

Magelang menyediakan wahana menarik yang sangat sayang untuk di lewatkan, salah satunya Arung Jeram di Sungai Progo Magelang. Sungai ini memiliki hulu di Gunung Sumbing. Kamu bisa menikmati serunya olah raga rafting atau arung jeram sambil melihat keindahan alam yang ada di sepanjang perjalanan aliran sungai ini.arung-jeram-di-sungai-progo-magelang

Wilayah Kota Magelang memang berada di posisi yang strategis di jalur Semarang dan Yogyakarta. Jadi, tak heran jika Sungai Progo Atas menjadi lokasi yang sering di datangi oleh wisatawan domestik dan mancanegara. Di sini juga banyak hotel yang tersedia, seperti di Jalan Jenderal Sudirman Mayjend Bambang Sugeng, dan banyak lagi lokasi lainnya.

Sarana akomodasi juga menjadi faktor penting saat berlibur ke Magelang. Kamu tak perlu khawatir saat berlibur kesini karena ada beragam pilihan hotel yang bisa dipilih. Penginapan atau hotel di Magelang tersedia dalam berbagai harga dan fasilitas. Kamu bisa memilih hotel tersebut sesuai kebutuhan dan budget kamu.

Sebenarnya ada tiga Sungai Progo untuk olah raga arung jeram yang meliputi Sungai Progo Atas dan Progo Bawah yang berada di Magelang. Sementara Sungai Progo Hulu berlokasi di Kabupaten Kulon Progo. Sungai Kulon Progo ini sudah populer dengan sebutan Rafting Progo. Tersedia beberapa pilihan paket permainan untuk pengunjungnya. Bagi pemula di sediakan grade I sampai III, ada juga kelas medium dengan grade III hingga III +, hingga grade IV untuk kelas expert atau pengunjung yang telah berpengalaman di bidang ini.

Untuk Arung Jeram di Sungai Progo Magelang Atas sendiri berada dalam grade pemula, yakni grade II hingga III. Pilihan ini akan di sesuaikan dengan usia dan pengalaman anggota tim. Olahraga ini juga di lengkapi dengan River Running system yang aman untuk pengunjung.

Rafting Progo akan mengajak kita mengarungi kawasan sungai dengan tantangan jeram yang bervariasi. Jangan khawatir tenggelamya karena kita akan mengenakan pelampung dan helm pengaman. Kita juga akan di dampingi seorang pemandu yang sudah mahir berenang dan berpengalaman di bidangnya.

Biaya untuk rafting Progo ini sebesar Rp .150.000 hingga Rp .350.000 dengan jumlah peserta minimal 5 orang.arung-jeram-di-sungai-progo-magelang-1

Sungai Progo Atas berada di Kabupaten Magelang, tepatnya di Cacaban, Perumahan Griya Tok Songko. Sungai Progo Atasini juga berjarak cukup dekat dengan Candi Mendut, Borobudur. Jeramnya bisa mencapai tingkat dua hingga tiga. Sungai ini juga cukup panjang, yakni sekitar 9 km dan akan menghabiskan waktu sekitar 2.5 sampai 3 jam untuk melaluinya.

Kalau kamu masih belum terbiasa melakukan wahana ini,bisa memilih grade dua saja. Ada beberapa kelas juga yang bisa kamu pilih selain kelas pemula seperti kelas wisata dan keluarga. Perjalanan rafting ini akan mengakhiri perjalanan di Tempuran, Salaman. Jika kamu berencana melakukan olahraga ini di Rafting Progo, pastikan untuk datang tepat waktu sesuai jadwal pengarungan yang adaya. Pagihari jadwal rafting mulai jam 08.00 sampai dengan 10.00 atau di siang hari mulai pukul 12.00 sampai dengan 13.00, serta sore hari di jam 15.00.

Sebelum memulai rafting Arung Jeram di Sungai Progo Magelang ini, kamu akan diberikan arahan pemandu supaya bisa melalui arung jeram sesuai dengan prosedur agar perjalanan tetap aman dan terhindar dari resiko kecelakaan yang bisa membahayakan. Arahan akan membahas persiapan arung jeram, mulai dari cara-cara penggunaan pelampung, alat dayung, cara posisi duduk yang benar dan berpegang pada perahu karet, sampai cara menolong teman saat tercebur dan masuk ke air.

Arusair di Sungai Progo Atas ini memang tidak terlalu besar, namun bukan tidak mungkin perahu akan terguling dan menjatuhkan penumpangnya ke air sungai. Apalagi jeram di sungai ini cukup banyak. Kamu akan menikmati keseruan setiap melewati jeram yang memiliki kesulitan tersendiri. Ada jeram yang kecil, besar berkelok dan cukup terjal. Dan ada empat buah jeram yang cukup menantang yang akan di lewati.

Keseruan Rafting Progo juga terjadi di spot akhir. Ada dua jeram terakhir yang menjadi spot paling menarik karena jeramnya yang cukup panjang dan menantan gserta berkelok. Kekompakan tim sangat diperlukan saat melewati jeram ini, sehingga perahu karet tidak akan terbalik dan tersangkut di bebatuan.

Setelah sampai di garis finish tentu sangat melegakan. Meskipun capek, rasa senang dan puas cukup membuat kamu kembali bersemangat. Apalagi di spot ini di sediakan minuman segar kelapa muda dan beberapa makanan untuk mengganjal perut yang telah terkuras untuk mengarungi jeram. Lokasi wisata ini juga di lengkapi banyak fasilitas loh mulai dari perlengkapan rafting, pemandu, juga termasuk asuransi.

Setelah menikmati keseruan arung jeram Sungai Progo Atas, bisa dilanjutkan dengan menikmati suasana malam di Alun-alun Kota Magelang. Di spot ini, kamu bisa menikmati Makanan khas Magelang seperti tahu kupat, sop serenek dan sebagainya. Kamu juga bisa berbelanja pernak-pernik khas kota ini. Ada juga bangunan tua yang bisa kamu saksikan di sekitar alun-alun Magelang.alun-alun-magelang-ayo-kesini

Nah gimana? sudah kebayangkan keseruan dan keasyikan melakukan arung jeram di Sungai Progo Atas Magelang? Jangan tunda lagi liburan kamu untuk mengun jungi kota ini ya. Ajak juga teman dan keluarga kamu saat menikmati permainan Rafting Progo. Happy Weekend!

Tag:, , , ,

Related to Asyiknya Arung Jeram di Sungai Progo Magelang